Friday, May 16, 2014

Cara mengakses komputer lewat smartphone Android

Cara mengakses komputer lewat smartphone Android – Beberapa waktu yang lalu, Google mempersembahkan Chrome Remote Desktop klien untuk Android. Sejak itu, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 500 ribu kali, dan sudah mendapat rating sebesar 4,4 poin sampai artikel ini di buat.

Aplikasi Chrome Remote Desktop ini berfungsi untuk dapat mengakses perangkat komputer dari smartphone Android atau Tablet Android. Yang memungkinkan untuk dapat mengontrol penuh komputer anda lewat smartphone / tablet Android.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencoba menggunakan Aplikasi Chrome Remote Desktop ini, silahkan ikuti langkah berikut ini untuk mulai mengkonfigurasinya.


Berikut beberapa hal yang harus dilengkapi untuk dapat mengakses komputer dari smartphone Android:
- Sebuah komputer yang dapat menjalankan browser Chrome.
- Sebuah Smartphone atau tablet Android dengan OS Android 4.0 atau ke atas
- Koneksi internet aktif pada kedua perangkat.
- Diharuskan login menggunakan akun Google yang sama, baik pada komputer ataupun perangkat smartphone / tablet.
- Luangkan beberapa menit waktu Anda.
Berikut langkah-langkah setting cara akses komputer dari smartphone Android:
1. Download ekstensi browser Chrome Remote Desktop
Instal ekstensi Chrome Remote Desktop pada komputer yang ingin diakses jarak jauh. Anda dapat langsung mengunduhnya pada link ini. Buka ekstensi sesudah proses instalasi selesai.
2. Otorisasi Aplikasi untuk dapat mengakses komputer
Lalu Chrome Remote Desktop akan meminta izin untuk dapat mengakses data komputer Anda. Maka Tekan “Accept” untuk melanjutkan proses.
3. Langkah berikutnya untuk dapat mengakses komputer dari smartphone Android, pilihlah “Get started” pada panel “My Computers”
4. Buatlah PIN
Maka Dalam beberapa saat Anda akan diperintahkan untuk membuat Kode PIN yang harus diinput pada saat mengkoneksikan ke komputer tertentu dari jarak jauh.
5. Instal aplikasi Remote Desktop Host
Setelah Anda selesai mengkonfigurasi PIN, Anda akan mendapat notifikasi bahwa software tambahan akan dipasang. Biarkan proses instalasi berlanjut. Pada langkah ini akan menginstal aplikasi Chrome Remote Desktop Host pada komputer Anda.
6. Masukkan PIN Anda
Setelah aplikasi host terinstal, Anda akan diminta untuk meng-input PIN yang telah dibuat tadi. Setelah PIN diinput, komputer sudah bisa diakses jarak jauh.
7. Download Chrome Remote Desktop untuk Smartphone / Tablet
Saat ini Anda bisa mendownload aplikasi Chrome Remote Desktop untuk smartphone atau tablet Android pada link ini.
8. Login
Ketika aplikasi Remote Desktop Android diaktifkan, maka dengan otomatis akan menampilkan komputer yang dapat Anda akses. Komputer Anda akan tampil dan klik pada nama komputer yang ingin anda akses. Lalu memasukkan PIN. Ada Opsi untuk memilih simpan PIN sehingga Anda tak perlu menginputnya kembali ketika ingin mengaksesnya kembali lain waktu.
9. Sudah Berhasil
Sekarang anda sudah memiliki akses ke komputer desktop. Gesek dengan cara berputar dengan jari untuk navigasi pointer mouse. Untuk zoom in dan zoom out, gunakan gerakan dua jari. Tekan pada layar berfungsi sebagai klik pada tempat dimana kursor berada. Untuk klik kanan, tahan satu jari kebawah pada layar, lalu tekan 2x menggunakan jari yang lain dan lepaskan. Gunakan keyboard pada layar untuk input teks.
Demikianlah Cara akses komputer dari smartphone Android. Semoga apa yang telah kami paparkan diatas dapat membantu anda yang ingin mengakses computer jarak jauh lewat perangkat Android. Selamat bereksperimen dan semoga berhasil

No comments:

Post a Comment

Spesifikasi Dan Harga Galaxy S5 SM-G900H

Spesifikasi Dan Harga Galaxy S5 SM-G900H Banyak sekali bertebaran smartphone yang memenuhi pasar sehingga menambah ketat persaingan diant...