Friday, February 28, 2014

Cara Merawat Baterai Laptop

Merawat baterai laptop dengan benar dan baik. Mungkin untuk pengguna laptop yang tidak tahu aturan hal ini seperti ini di anggap sepele. Namun jika di cermati lebih dalam, baterai yang di gunakan pada laptop perlu kita jaga dan rawat supaya baterai yang di gunakan pada laptop tetap awet. Untuk Cara Merawat Baterai Laptop dengan baik dan benar. Di bawah ini ada beberapa cara untuk merawat baterai laptop supaya tetap awet dan tidak mudah rusak.

Cara Merawat Baterai Laptop

Untuk anda para pengguna laptop, mari kita lihat Cara Merawat Baterai Laptop berikut ini

  • Untuk anda yang memiliki laptop baru, sebaiknya anda jangan langsung menggunakan laptop baru anda karena baterai yang terdapat di dalam laptop baru ini masih dalam keadaan kosong. Untuk menggunakan laptop baru dengan baik, pastikan baterai laptop anda di charger selama 4-8 jam dalam keadaan laptop mati/nonaktif, dan pastikan lampu indikator menunjukan kalau baterai laptop sudah dalam keadaan full. Biasanya jika baterai laptop sudah terisi penuh maka lampu indikator akan berubah menjadi warna hijau.
  • Jika anda menggunakan laptop di dalam rumah atau di dalam ruangan kantor. Sebaiknya anda lepas baterai laptop anda dan gunakan listrik langsung tanpa harus menggunakan baterai. jika anda menggunakan listrik langsung dan baterai secara bersamaan, maka baterai laptop yang anda miliki akan mudah rusak atau bocor. Untuk mengantisipasi agar baterai laptop anda tidak mudah bocor, sebaiknya anda menggunakan baterai di saat laptop sedang tidak di charger atau tidak terhubung dengan arus listrik.
  • Matikan beberapa fitur yang tidak di perlukan seperti Wi-Fi dan Bluetooth. ketika anda sedang tidak Online, pastikan perangkat nirkabel yang terdapat di dalam laptop tidak aktif. Gunakanlah fitur Bluetooth dan Wi-Fi di saat-saat tertentu, dan jangan sampai kedua fitur ini aktif dalam waktu yang bersamaan, karena dengan aktifnya kedua fitur tersebut, baterai yang terdapat pada laptop anda akan cepat habis.
  • Setting pengaturan baterai laptop dengan tepat. Aturlah settingan Sleep Mode dalam jangka waktu tertentu untuk menonaktifkan otomatis hard disk dan layar saat laptop sedang tidak di gunakan.
  • Kurangi kecerahan layar. Mungkin dengan terangnya layar laptop, anda akan dengan jelas melihat gambar dan membaca tulisan dengan jelas. Namun di sisi lain, jika layar yang terdapat pada laptop anda memiliki kecerahan yang berlebih. Maka energy yang di miliki oleh baterai laptop tersebut akan cepat habis, karena semakin terang layar laptop anda, semakin besar juga energy baterai yang tersedot oleh layar laptop tersebut.
  • Selain mengurangi keterangan pada layar dan menonaktifkan beberapa fitur yang tidak terpakai. Anda juga harus melepaskan perangkat external jika perangkat tersebut sudah tidak di perlukan seperti Modem, Flashdisk, Mouse nirkabel dan perangkat external lainnya. Anda harus tahu bahwa perangkat external tersebut dapat menyerap energy listrik yang terdapat pada baterai laptop anda, dan jika perangkat external itu menempel cukup lama, maka baterai yang di miliki oleh laptop anda akan cepat habis.
  • Tutup aplikasi atau program yang tidak di perlukan. Jika terlalu banyak program atau aplikasi yang berjalan di laptop anda, maka baterai yang di miliki oleh laptop anda akan mengalami loading yang cukup lama.
Cukup sekian informasi yang saya buat mengenai Cara Merawat Baterai Laptop. Untuk anda yang memiliki laptop, rawatlah laptop anda dengan baik dan benar terutama pada bagian baterai yang di miliki oleh laptop tersebut. jangan sampai baterai yang di miliki oleh laptop anda rusak karena tidak sedikit uang untuk membeli baterai laptop yang baru.

0 comments " Cara Merawat Baterai Laptop ", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment