Thursday, February 27, 2014

Cara Melakukan Partisi MicroSD Di Android

Mungkin anda pernah melakukan Partisi Hard Disk saat melakukan install ulang komputer atau laptop, hal ini muncul saat anda akan membagi kapasitas ruang hardisk untuk komputer anda. Selain hard disk komputer yang bisa di partisi atau di bagi kapasitas ruang penyimpanannya, di perangkat smartphone Android juga anda bisa melakukan partisi dengan menggunakan memory microSD. Untuk anda yang mempunyai smartphone Android yang memiliki kapasitas memory internal sedikit, anda bisa memperbesar atau memperluas kapasitas memory internal dengan melakukan partisi pada memory microSD anda. Jika anda sudah mempartisi memory microSD yang terdapat di smartphone Android anda, anda bisa memindahkan aplikasi yang sudah terinstal di memory internal ke memory external tanpa tercampur dengan aplikasi lain yang ada di memory exernal.

Cara Melakukan Partisi MicroSD Di Android

Dengan melakukan partisi memory microSD di smartphone Android anda, akan menjadikan kinerja smartphone lebih cepat dan memperluas ruang memory internal, karena aplikasi yang terinstal di smartphone anda akan otomatis pindah ke memory external yang sudah anda partisi.

Untuk melakukan partisi memory microSD yang terdapat di smartphon Adnroid. Di bawah ini ada beberapa Cara Melakukan Partisi MicroSD Di Android dengan menggunakan aplikasi Mini Tool. Untuk itu mari kita simak beberapa cara partisi MicroSD di smartphone Android berikut ini.

  • Pertama-tama anda download dulu aplikasi Mini Tool partition
  • Kemudian anda install aplikasi Mini Tool Partition tersebut di komputer atau laptop yang anda gunakan.
  • Siapkan memory microSD yang akan di partisi, jika di dalam memory microSD yang anda punya terdapat beberapa aplikasi atau file-file yang tersimpan, terlebih dahulu anda backup dulu file yang terdapat di dalam memory microSD sebelum memory tersebut di partisi.
  • Sambungkan memory MicroSD anda ke laptop atau komputer daengan menggunakan cardreader.
  • Buka aplikasi Mini Tool Partition yang sudah anda install, dan dengan otomatis memory microSD anda akan terdeteksi.
  • Setelah itu klik kanan pada memory microSD, kemudian pilih delete. Nanti status memory akan berubah menjadi unallocated.
  • Klik kanan lagi pada memory microSD terus pilih create, Nanti akan muncul Windows Create New Partition. File System di isi dengan FAT32, Jika memory microSD anda memiliki kapasitas 8GB, maka anda isi sizenya dengan 6GB dari memory microSD tersebut. kapasitas memory yang 6GB tersebut nantinya akan di gunakan untuk menyimpan data atau file seperti biasa dan sisanya akan di gunakan untuk memory internal smartphone Android anda.
  • Setelah itu klik OK
  • Untuk melakukan partisi yang ke 2, caranya sama dengan partisi yang pertama namun yang membedakan adalah format file system-nya. Klik kanan lalu pilih create “Create AS : Primary, file system : ext2”
  • Sisakan kapasitas memory sekitar 100MB untuk membuat partisi yang ke 3. Caranya sama dengan partisi yang tadi namun format file system nya diganti menjadi linux swap.
  • Setelah anda melakukan langkah-langkah partisi di atas, kemudian klik APPLY yang terdapat di pojok kiri atas kemudian anda centang. Tunggu sampai proses partisi selesai.
  • Jika proses partisi sudah selesai maka di komputer hanya 1 partisi yang terlihat yaitu yang memiliki format FAT32.
Sekian tips dari saya mengenai Cara Melakukan Partisi MicroSD Di Android. Semoga tips yang saya buat bermanfaat dan selamat mencoba mempartisi memory microSD untuk memperlancar kinerja smartphone Android yang anda miliki.

1 comment :

  1. terimaksih infonya, yang jelas micro sd yang digunakan harus Original dan bergaransi.
    http://www.leukosit.com/micro-sd-sandisk.htm

    ReplyDelete